Tue. Aug 16th, 2022

Apa Anda mengetahui jika warna, simbol, atau logo bisa menafsirkan daya ingat dan sudut pandang seseorang pada sesuatu merk pada produk atau jasa tertentu? Contoh, saat ada pengendara motor kenakan helm dan jaket warna hijau, apa yang tebersit dalam pemikiran Anda? Atau saat menyaksikan penampilan permukaan laptop dengan simbol apel yang digigit, tentulah Anda segera tahu apa merk laptop itu, kan? Nah, itulah yang disebut dengan brand awareness. Karena itu pada artikel ini kali, kita akan mengulas berkenaan pemahaman brand awareness dan faedahnya untuk pemilik usaha.

Pengertian Brand Awareness

Dalam bahasa Indonesia, brand awareness lebih dikenal dengan sebutan kesadaran merk. Pengertian brand awareness adalah kemampuan konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat sesuatu, baik warna, logo, image, dan sebagainya, yang menggambarkan identitas suatu brand.

Tujuan dari brand awareness tentu saja adalah tingkatkan kesetiaan customer dalam beberapa hal. Seperti contoh pada awal artikel, saat Anda melihat pengendara sepeda motor berjaket dan helm hijau, dua merk ojek online langsung ada di daya ingat Anda dengan fitur dan layanannya. Saat Anda beli air mineral, pasti Anda pikirkan satu atau dua merk air mineral yang tertanam dalam daya ingat Anda.

Pada proses branding, untuk memberikan identitas merk, saat membuat nama produk, baik itu warna yang unik, logo yang unik, Anda bisa membuat kesan-kesan yang dalam, dan penting untuk jaga kualitas dan layanan yang serupa. Makin kuat citra yang Anda bikin, makin kuat kesadaran customer akan merk Anda. Bahkan juga, bila loyalitas mereka tumbuh, mereka menjadi “corong” marketing untuk produk Anda, tanpa Anda memintanya.

Manfaat Brand Awareness Untuk Pemilik Bisnis

Dengan menerapkan strategi branding dan meningkatkan brand awareness atau kesadaran akan merek sebuah produk tertentu, maka akan mendatangkan reaksi dan feedback yang besar untuk perusahaan. Branding yang bagus bisa mengganti dan menggairahkan sikap dan penilaian khalayak yang positif dan pada akhirannya sasaran pasar akan semakin bertambah luas.

Kenyataan ini memberi kesimpulan bahwa brand awareness bisa membuat sebuah produk yang ditawarkan perusahaan melejit di pasaran. Berikut ini beberapa manfaat brand awareness bagi pemilik bisnis:

1. Tambahkan kesadaran dan keberadaan merk

Orang akan memperhatikan kehadiran satu merk bila merk itu bisa memberikan beberapa hal unik yang diingat secara baik oleh customer. Dalam masalah ini logo, nama, simbol, dan lain-lain. Kemudian, coba untuk membuat iklan promosi yang unik, gampang dikenang, dan membuat customer ingat merk Anda selama-lamanya. Makin bertambah customer ingat merk Anda, lebih bisa tingkatkan kesadaran dan keberadaan merk Anda. Kenyataannya, dampak positifnya adalah customer di mana saja cenderung pilih merk Anda dibanding merk kompetitor.

2. Bisa dipakai untuk menarik pelanggan baru

Bila sebuah merk bisa membuat kesan yang bagus dan dalam, bisa menarik semakin banyak pelanggan baru. Apalagi bila produk dengan merk Anda berkualitas tinggi dan bisa memberikan kepuasan kebutuhan customer. Ingat hukum marketing yang menjelaskan jika pelanggan yang senang dengan merk Anda akan mengundang 10 temannya untuk memakai produk dari merk yang serupa. Promosi yang sama masih berlaku sampai sekarang ini.

3. Tingkatkan nilai jual

Branding yang bagus akan tingkatkan brand awareness. Bila kenaikan ini didukung oleh kualitas produk yang baik sekali dan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan, maka tidaklah heran bila satu saat saat Anda menaikkan harga, customer akan tetap membeli produk Anda. . Ada beragam cara untuk meningkatkan nilai jual ini, misalnya dengan packaging yang unik, penjualan dengan sistem bundling, atau banyaknya dukungan review positif dari pelanggan setia yang telah puas dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan.

4. Sebagai bentuk kepercayaan

Menggunakan cara branding yang tepat dan professional tentu saja bisa tingkatkan integritas baik customer atau investor. Oleh karena itu, susun dan bangunlah branding dengan menekankan pada expertise dalam bidang tertentu.

Mudah-mudahan sesudah Anda pahami arti brand awareness dan manfaatnya untuk pemilik bisnis, Anda bisa mengambil langkah strategis untuk membuat brand awareness yang tepat sasaran dan terukur. Untuk hasil branding yang lebih bagus, Anda bisa mengajak salah satu brand consultant atau brand marketing agency yang menguasai strategi branding atau digital marketing strategist untuk hasil branding yang lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa diaplikasikan dalam bisnis Anda nanti.

By zalfa